Rapat Paripurna, 3 Raperda Inisiatif Bakal Selesai Bulan Ini

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menghadiri rapat paripurna
Bupati Jombang Mundjidah Wahab menghadiri rapat paripurna

JOMBANG – Bupati Jombang Mundjidah Wahab menghadiri rapat paripurna pembahasan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisitiatif di gedung DPRD Jombang, Senin (6/12/2021).

Dalam rapat paripurna kali ini, bupati mendengarkan masing masing jawaban DPRD atas pemandangan umum bupati yang disampaikan pekan lalu.
Bupati hadir didampingi Penjabat Sekda Senen dan diikuti beberapa kepala OPD lainnya.

”Hari ini kita menghadiri rapat paripurna tentang penyampaian jawaban DPRD terhadap pemandangan umum yang saya sampaikan sebelumnya,’’ kata Mundjidah Wahab.

Bupati menyampaikan, adapun tiga raperda tersebut masing masing Raperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana; Raperda Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. “Raperda ini merupakan raperda inisiatif yang kita akomodir dari pengajuan legislatif,’’ tambahnya.

Rapat paripurna berjalan lancar dan tertib. Seluruh anggota DPRD hadir dan mengikuti seksama kegiatan rapat. Para seluruh tamu undangan juga tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Sementara itu, Ketua DPRD Jombang Masud Zuremi rapat paripurna kemarin adalah rapat paripurna lanjutan dari agenda rapat paripurna sebelumnya. ”Minggu depan akan kita jadwalkan Rapat paripurna pemandangan akhir (PA) bupati. Mudah mudahan perda dapat selesai bulan ini,’’ ujar.

Setelah rapat paripurna PA bupati selesai, DPRD akan mengajukan ke Pemprov Jawa Timur untuk dilakukan evaluasi. Seperti biasanya, evaluasi ke Pemprov Jatim berlangsung paling lama 14 hari sejak raperda diusulkan. ”Apakah ada penambahan, penjelasan dan lainlain- kita tunggu,’’ terangnya.

Baru setelah itu, lanjutnya perda akan mendapat nomor registrasi untuk ditetapkan menjadi perundang undangan daerah. ”Tujuan kita mengusulkan undang undang ini adalah menata, mengatur kehidupan untuk memperoleh kepastian, kemanfaatan dan keadilan didalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat,’’ pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *