Di ikuti Ratusan Peserta, Pameran dan Kontes Tanaman Bonsai Tingkat Nasional di Jombang

Kontes dan pameran tanaman bonsai di Kecamatan mojoagung, Kabupaten Jombang
Kontes dan pameran tanaman bonsai di Kecamatan mojoagung, Kabupaten Jombang

Kontes dan pameran tanaman bonsai tingkat Nasional di lapangan Desa Mancilan Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang yang digagas Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Jombang, di ikuti sebanyak 840 peserta.

Dari 840 tanaman bonsai tersebut diikuti peserta seluruh Indonesia hingga wilayah timur Indonesia seperti Ambon dan Papua denga mengirimkan tanaman bonsai unggulannya.

“Ini adalah kontes dan pameran bonsai tingkat nasional, diikuti sebanyak 840 tanaman bonsai dari beberapa wilayah di Indonesia, terjauh Ambon dan Papua juga turut berpartisipasi,”tutur Ketua Cabang PPBI Jombang, Imam Purnomo Minggu (12/12/2021).

Menurut Imam, dalam kegiatan tersebut telah tersusun rangkaian yang terbagi menjadi beberapa sesi. Mulai dari penilaian dan penjurian, dengan babak terakhir yakni eksibisi/pameran bonsai para peserta.

“Beberapa hari sebelumnya kita ada kontes, jadi kemarin kita ada penilaian dan penjurian yang selanjutnya kita sambung dengan pameran sampai tanggal 19 Desember 2021 mendatang,”katanya.

Adapun tanaman bonsai yang mengikuti kontes dan pameran tersebut terbagi menjadi tiga kategori. Di antaranya  regional, madya, dan utama dengan standar penilaian yang menjadi bahan acuan pemilihan pemenang kontes dari setiap kategori.

harapannya, dengan adanya kegiatan yang diadakan setiap dua tahun sekali tersebut mampu mewadahi tujuan para penggemar bonsai untuk seluruh Indonesia, dan Jombang khususnya.

“Harapan dari kegiatan ini yakni menyemarakkan seni bonsai, sebagai ajang silaturahmi, serta sebagai ajang edukasi mengenai tanaman bonsai dengan jenis pohon berbatang keras ini,”ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Jombang, Sumrambah mengapresiasi para penggagas yang mampu menembus level Nasional.

“Levelnya skala nasional, ini suatu tren yang bagus dan harus kita kembangkan sehingga penggemar bonsai di Jombang semakin bersemangat dan bergairah,”jelasnya.

Sumrambah juga berharap dengan menggeluti dunia tanaman bonsai tidak hanya sekedar hobi. Namun mempunyai nilai lebih untuk masa depan.

“Harapannya ini tidak hanya sekedar hobi tapi juga dapat menopang sektor ekonomi. Hal ini juga sebagai ladang ekonomi yang prospektif dan menjanjikan kedepannya,”tandas Wabup Sumrambah memungkasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *