Sistem Pembayaran Bermasalah, Ratusan Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Jombang Mengeluh

Istimewa
Istimewa

Ringinconton.com – Ratusan mahasiswa  (Unhasy) Jombang mengeluh, karena kebijakan sistem pembayaran yang diduga bermasalah.

Awal tahun 2022 memang menjadi bulan pembayaran untuk Mahasiswa Unhasy, baik pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan pembayaran lainnya, namun disinyalir Januari awal tahun 2022 ini terjadi permasalahan.

Jihad Al Fath, salah satu anggota Departemen BEM FAI mengatakan, dari beberapa sumber Group Whatsapp di berbagai kelas dan semster, ada permasalahan terkait sistem informasi pembayaran yang dikeluhkan banyaknya mahasiswa yang tiba-tiba mendapatkan pesan pribadi dari Admin Kampus khususnya yang melayani pembayaran untuk melunasi beberapa pembayarannya.

“Yang menjadi permasalahan ialah bahwa Mahasiswa yang sudah melakukan pembayaran bahkan lunas pun ikut mendapatkan pesan pribadi tersebut. Anehnya lagi yang tercatat di transkip pembayaran atau data kampus sendiri mahasiswa tersebut belum membayar atau belum melunasinya,” bebernya pada Sabtu (15/01/2022).

Mulanya kampus tersebut masih menggunakan sistem informasi pembayaran manual sebelum Covid 19 menyerang yang berakibat pada keharusan untuk Antri panjang, dan lama. Akan tetapi, pembayaran menggunakan sistem seperti online sangat kurang effesien, dan rentan terjadi kesalahan, bahkan minim keamanan.

“Masalah ini setiap tahun sebetulnya terjadi, justru yang ditakutkan ialah manipulasi data pembayaran yang bisa saja terjadi dan mengakibatkan Mahasiswa terbebani, bahkan tidak mampu menyelesaikan kuliahnya lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Asror aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Unhasy mengatakan, Dengan dana yang begitu banyak digelontarkan untuk sistem informasi dikampus harusnya Unhasy sudah bisa bertranformasi lebih jauh, bahkan lebih melek teknologi.

“Masak ya, bayar online tapi harus menyimpan struk pembayaran selama 4 tahun, kan dimakan tikus, rayap. Dan ini sudah saatnya sistem pembayaran kampus diperbaiki,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *