Laksamana Yudo Margono, Panglima TNI Baru Teruskan Estafet Andika Perkasa

Laksamana Yudo Margono (Foto by liputan 6.com)

Langkah Yudo menjadi Panglima TNI juga terbilang tidak mudah dan melewati beberapa tahapan di DPR. Diantaranya pengiriman surat ke presiden (surpres) sampai tahapan verifikasi faktual komisi 1 ke rumah dinasnya.

RINGINCONTONG.COM, Nasional – Laksamana Yudo Margono secara resmi lanjutkan tongkat perjuangan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hal tersebut dipastikan setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI. Dalam rapat persetujuan tersebut diambil saat Rapat Paripurna DPR ke-12 masa sidang II Tahun Sidang 2022-2023 yang dihelat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (13/12/2022) dilansir dari Kompas.com.

Hari Santri Nasional 2022, Ini yang Dilakukan Polres Jomba

Di ikuti Ratusan Peserta, Pameran dan Kontes Tanaman Bonsai Tingkat Nasional di Jombang

Langkah Yudo menjadi Panglima TNI juga terbilang tidak mudah dan melewati beberapa tahapan di DPR. Diantaranya pengiriman surat ke presiden (surpres) sampai tahapan verifikasi faktual komisi 1 ke rumah dinasnya.

Selain itu, moment lain yang dilewati yaitu fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Komisi 1 DPR sebelum akhirnya mulai pada tahapan pengesahan. Fit and proper test itu sendiri dilaksanakan pada Jumat (2/12/2022).

Selama fit and proper test tersebut, Yudo didampingi dua petinggi matra TNI lainnya, yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Untuk diketahui, Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani. Didampingi oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Muhaimin Iskandar, Rachmat Gobel, dan Lodewijk Paulus.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyampaikan laporan Komisi I DPR atas hasil fit and proper test calon panglima TNI dan kemudian menuturkan poin pertama yakni menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Andika Perkasa.

Pemerintah Provinsi Jatim Gencar Label Halal Di Setiap Daerah

Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 Saat Nataru

Sedangkan untuk poin dua, Komisi 1 DPR memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima. Setelah persetujuan tersebut, pimpinan Rapat Paripurna yakni Puan Maharani meminta persetujuan para hadirin rapat atas laporan tersebut dan disetujui.

Usai secara resmi menjadi Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono lalu maju ke depan meja pimpinan rapat paripurna dan memberi hormat kepada para anggota DPR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *